Cara Membuat Postingan Yang Baik Pada Blog - Indeks Nilai

Cara Membuat Postingan Yang Baik Pada Blog

Postingan kali ini mungkin terasa basi bagi anda yang sudah berkecimpung di dunia blogger, namun bagaiman dengan para newbie-newbie blogger... mungkin juga postingan ini bisa membantu mereka. membuat postingan terkadang sangatlah menjenuhkan jka tidak bisa menemukan tema yang pas dengan apa yang akan kita tuangkan pada blog, ditambah padatnya aktivitas seharian...boro-boro mau buat postingan megang komputer saja mungkin tidak sempat. nah... mumpung lagi off dari kegiatan sehari-hari kali ini blogger newbie akan melanjutkan postingan. . menjadi seorang blogger terkadang di cemooh oleh teman, memang sih kelihatannya hanya bercanda tapi sedikit banyak menggangu semangat kita, mereka kerap bertanya dengan nada yang kurang mengenakan sehingga terkesan menjadi seorang blogger adalah hal yang sia-sia. namun itulah orang tidak semuanya bisa menghargai hasil karya orang lain. jadi buat orang yang seperti ini saya cukup bicara " lu-lu, guwe-guwe...! ". namun tahukah anda menjadi seorang blogger adalah satu kebaikan yang tidak terasa oleh kita, karena tulisan-tulisan kita akan sangat bermanfaat untuk orang-orang yang membutuhkan, di satu sisi pun menjadi seorang blogger digunakan sebagian orang sebagai mata pencaharian utama. banyak sekali orang di sekitar kita yang tanpa kita sadari mereka bisa memenuhi kebutuhannya hanya dengan nongkrongin komputer saja bahkan mereka bisa rekreasi keluar negeri mengajak anggota keluarganya hanya dengan menjadi seorang blogger. saya memang tidak menjadikan ini sebagai mata pencaharian saya, namun menerima pendapatan dari blog pun sudah saya rasakan. meskipun tidak rutin setiap bulan tapi lumayan lah buat tambah-tambah uang jajan atau menggantikan kuota internet yang saya gunakan. bagi anda yang baru mulai 'ngeblog' saya sarankan jangan dulu memikirkan penghasilan yang akan anda dapatkan dari blog relax saja dalam menulis, maka uang akan datang suatu saat ketika pemahaman berjalan seiring dengan meningkatnya kemampuan anda dalam mengolah blog. Ok ya saya kira itu hanya sedikit share dari saya tentang bagaiman menjadi seorang blogger saya lanjutkan postingannya "Cara Membuat Postingan pada Blog agar terlihata rapi". 
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah masuk pada akun blogger anda jika anda belum paham silahkan menuju postingan saya sebelumnya Langkah awal membuat blog, kemudian klik 'entri baru'
langkah awal membuat blog
setelah masuk pada halaman postingan, maka disinilah kita akan membuat tulisan yang akan tampil pada laman blog kita. pada laman postingan ada dua laman yang dapat kita gunakan untuk membuat tulisan yaitu halaman 'compose' dan halaman 'HTML'. pada halaman compose kita bisa mengunakan halaman ini untuk menuliskan tulisan sebagai mana kita menulis pada ms word, sedangkan pada halaman 'HTML' kita bisa menuliskan kode-kode yang tidak bisa dituliskan pada halaman compose seperti kode untuk membuat grafik, tabel, warna, gambar, simbol-simbol matematika dll. untuk memulai tuliskan judul postingan anda pada area paling atas sebelah kanan tulisan entri, kemudian klik bagian compose untuk memulai tulisan anda.
langkah awal membuat blog
tulislah postingan anda pada area postingan seperti anda menuliskannya pada microsoft word, and ajuga dapat menuliskannya terlebih dahulu pada ms word kemudian tinggal copy paste pada area postingan, hal ini hanya berlaku buat tulisan saja dan anda tidak bisa copy paste gambar, tabel, grafik dll secara langsung dari word ke area postingan. hasi copy tulisan pun  terkadang perlu kita rapikan kembali karena biasnya tulisannya menjadi tidak beraturan, untuk merapikan tulisan hasil copy paste dari word anda bisa menyesuaikannya dengan menu-menu yang terdapat di atas area postingan. Blok terlebih dahulu tulisan anda kemudian klik simbol 'f ' pada menu bar pilih ' Default font ', klik juga pada menu dengan simbol 'T' kemudian pili ' normal ', untuk membuat tulisan lurus kiri dan kanan pilih ' Aligement ' klik pada ' Justify '.
langkah awal membuat blog
Jika anda ingin memsukkan gambar di bawah judul postingan anda, letakkan kursor sebelah kiri awal tulisan anda, kemudian klik simbol bingkai pada menu bar ( insert image ), setelah muncul popup windows, klik 'pilih file' dan pilih gambar yang akan anda masukkan dari komputer anda.
langkah awal membuat blog
tunggu sebentar hingga file anda terunggah, kemudian block gambar yang dipilih, lalu klik add selected. perhatikan gambar di bawah ini
langkah awal membuat blog
untuk memposisikan gambar anda berada pada samping kiri tulisan, klik gambar yang sudah di unggah, kemudian pada bagian yang berselect warna biru pilih tulisan ' small ' untuk merubah ukuran gambar menjadi lebih kecil, setelah itu pilih juga ' left ' untuk memposisikan gambar pada sebelah kiri tulisan. 
langkah awal membuat blog
setelah semuanya terlihat baik dan rapi saatnya mempublikasikan tulisan anda, tapi sebelum itu tambahkan sebuah label sebagai penanda tulisan kemudian klik ' selesai '. label ini bisa menjadi jenis kategori pada blog, dan untuk mempersingkat postingan pada halaman blog anda dengan tulisan ' read more ', letakkan kursor pada bagian akhir tulisan yang akan anda singkat, kemudian pilih simbol ' insert jump break ' pada menu bar. jika anda belum yakin dengan hasilnya silahkan klik pratinjau yang berada pada menu samping kanan atas halaman postingan, jika anda sudah mengikuti semua tutorial dari atas sampai pada bagian ini saatnya anda mempublikasikan karya anda agar bisa dibaca oleh orang lain di dunia maya.
langkah awal membuat blog
Sampai disini anda sudah berhasil membuat postingan pertama anda, saya berharap tulisan anda bisa bermanfaat bagi para pengunjung blog anda, salam blogger dari saya dan selamat berkarya......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar